Apa
yang kita pahami ketika mendengar kata pemasaran? Mungkin kita langsung
berpikiran bahwa pemasaran berarti menjual, mengiklankan, atau menawarkan suatu
barang kepada orang lain.
Benarkah
pengertian pemasaran seperti demikian? Jawabannya benar, tapi pengertian
semacam ini adalah pengertian yang kuno. Di zaman modern, pemasaran tak lagi
bermakna seperti itu. Pemasaran edisi modern lebih kompleks dari sekedar
menjual, mengiklankan atau menawarkan suatu barang. Ketiga aktivitas tersebut
hanyalah komponen kecil dalam aktivitas pemasaran.
Lantas,
apa pengertian pemasaran edisi modern?
Menurut
Philip Kotler, penulis yang terkenal di dunia dalam dunia pemasaran,
menjelaskan dalam bukunya yang berjudul “Principles of Marketing” bahwa pemasaran dalam pemahaman modern adalah
memuaskan kebutuhan pelanggan.
Pemasaran
bermakna suatu proses di mana perusahaan menciptakan nilai bagi pelangggan dan
membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, dengan tujuan menangkap nilai
dari pelanggan sebagai imbalannya.
Dari
sinilah kemudian bisa dipahami bahwa penjualan dan iklan hanyalah bagian dari
pemasaran. Keduanya hanyalah puncak dari gunung es pemasaran.
Ya,
begitulah.
Surabaya,
27 Januari 2016
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan jika mau komentar :)