Minggu, 15 Mei 2016

Pemasaran

Apa yang kita pahami ketika mendengar kata pemasaran? Mungkin kita langsung berpikiran bahwa pemasaran berarti menjual, mengiklankan, atau menawarkan suatu barang kepada orang lain.

Benarkah pengertian pemasaran seperti demikian? Jawabannya benar, tapi pengertian semacam ini adalah pengertian yang kuno. Di zaman modern, pemasaran tak lagi bermakna seperti itu. Pemasaran edisi modern lebih kompleks dari sekedar menjual, mengiklankan atau menawarkan suatu barang. Ketiga aktivitas tersebut hanyalah komponen kecil dalam aktivitas pemasaran.

Lantas, apa pengertian pemasaran edisi modern?

Menurut Philip Kotler, penulis yang terkenal di dunia dalam dunia pemasaran, menjelaskan dalam bukunya yang berjudul “Principles of Marketing”  bahwa pemasaran dalam pemahaman modern adalah memuaskan kebutuhan pelanggan.

Pemasaran bermakna suatu proses di mana perusahaan menciptakan nilai bagi pelangggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, dengan tujuan menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannya.

Dari sinilah kemudian bisa dipahami bahwa penjualan dan iklan hanyalah bagian dari pemasaran. Keduanya hanyalah puncak dari gunung es pemasaran.

Ya, begitulah.


Surabaya, 27 Januari  2016




0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika mau komentar :)