Jumat, 03 April 2015

Apa Saja Kegunaan Ekonometrika?

Alhamdulillah, saya menulis lagi. Lagi-lagi saya mau menuliskan satu hal yang mungkin sederhana. Saya tetap akan menuliskannya karena saya berharap memperoleh manfaat.
 Kali ini saya akan menuliskan tentang kegunaan ekonometrika yang ditulis oleh Agung Abdul Rasul dalam bukunya berjudul “Ekonometrika; Formula dan Aplikasi Manajemen”.

Apa saja kegunaan ekonometrika?

Dalam buku yang diterbitkan oleh UHAMKA Press dan Mitra Wacana Media ini, disebutkan bahwa ekonometrika memiliki kegunaan yang luas dalam bidang ekonomi. Yaitu pada berbagai institusi, mulai dari institusi pendidikan hingga pemerintah.

Bagi institusi pendidikan, pendekatan ekonometrika diperlukan dalam memecahkan persoalan penelitian. Bisa berupa karya penelitian dosen, penelitian mahasiswa, dan jurnal-jurnal ilmiah.

Adapun bagi perusahaan, ekonometrika dapat digunakan untuk memprediksi berbagai persoalan manajamen pada middle management dan top management. Pada manajemen menengah, misalnya pada departemen keuangan, manajer keuangan dapat menggunakan perangkat ekonometrika ketika ingin memprediksi perubahan kas masuk yang disebabkan oleh perputaran piutang dan perputaran persediaan. Sementara pada departemen marketing, manajer permasaran dapat memperkirakan kenaikan penjualan perusahaan sebagai dampak dari tindakan perusahaan dalam memperbaiki kualitas produk, meningkatkan kualitas promosi, membijaksanai harga jual dan menciptakan selera konsumen, meningkatkan kualitas pelayanan, memperbaiki saluran distribusi dan lain-lain.

Lalu pada instansi pemerintah, ekonometrika banyak dipakai oleh departemen keuangan, badan perencanaan pembangunan nasional, bank sentral, pemerintah tingkat provinsi, dan pemerintah kabupaten kota. Variabel ekonomi yang sering wujud dalam aktifitas ekonomi pemerintah, antara lain penerimaan pemerintah berupa pajak dan non pajak, belanja pemerintah, konsumsi dan tabungan masyarakat, investasi dan akumulasi kapital, produksi nasional, bunga, ekspor, impor, hutang luar negeri, penawaran uang, inflasi, obligasi, ketetapan bank sentral mengenai cash rasio, dan lain-lain.


Hm..banyak juga ya, kegunaanya. :)  Oke, semoga bermanfaat. :)


Panceng, 2 Februari 2015

                                                                                                          

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika mau komentar :)