Jumat, 03 April 2015

Pengertian Sistem Keuangan dan Fungsinya

Apa itu sistem keuangan? Apa pengertiannya? Bagaimana maksudnya? Hm..baik, baik, baik, saya akan tuliskan. Saya akan menukilkannya dari buku yang ditulis oleh dosenku di kelas. Nama beliau adalah Prof. Dr. H. Ismail Nawawi. Sedangkan bukunya berjudul, “Keuangan Islam; Diskursus Teori, Studi Kasus dan Pengantar Praktek Pada kelembagaan Keuangan Bank dan Non Bank”.

Pada halaman 15 dari buku itu, pak Ismail menuliskan pengertian Sistem Keungan sebagaimana dikemukakan oleh bank Dunia (World Bank). Diterangkan bahwa sistem keuangan (financial system) adalah suatu sistem yang mengatur transfer dana antara pihak yang kelebihan dana (saver)  dan pihak yang membutuhkan dana (borrower) agar tercapai alokasi dana yang efisien serta menyediakan fasilitas keuangan termasuk sistem pembayaran yang diperlukan dalam pembiayaan kegiatan bisnis. Dalam sistem keuangan ini, yang terjadi tidak hanya transfer dana tapi juga transfer resiko khususnya kepada para pemilik dan pemegang saham.

Setidaknya, menurut guru besar Ekonomi Islam UINSA Surabaya ini, sistem keuangan memiliki 3 manfaat.

Yang pertama, sistem keuangan dapat membantu perusahaan untuk membuat keputusan yang tepat berdasarkan cash flow dan sumber daya yang ada. Hal ini merupalan informasi bagi perusahaan agar dapat efisien dalam mengalokasikan sumber daya yang dimiliki.

Manfaat yang kedua, sistem keuangan diperlukan untuk memonitor dana (membandingkan antara pengeluaran dengan pendapatan) sehingga perusahaan mengetahui kondisi dan prospek usahanya.

Kemudian manfaat yang ketiga, sistem keuangan dapat menjamin bahwa dana yang diperlukan ditempatkan pada tempat yang tepat untuk menyelesaikan sebuah kegiatan produksi.

Lalu pada halaman 6 dijelaskan bahwa ada dua jenis pembiayaan yang dilakukan dalam sistem keuangan, yaitu pembiayaan langsung dan pembiayaan tidak langsung.

Pada pembiayaan langsung, lender-server (yang memberi pinjaman) langsung berhubungn dengan borrower-spender (yang meminjam) melalui pasar keuangan.

Sedangkan dalam pembiayaan tidak langsung, hubungan antara pemilik dana dan yang membutuhkan dana membutuhkan bantuan lembaga intermediaries keuangan. Lender-saver menyimpan uangnya pada institusi keuangan, kemudian institusi keuangan memberikan pinjaman kepada yang membutuhkan dana (borrower) dan sebagiannya diinvestasikan dalam pasar keuangan.

Lantas, apa tugas sistem keuangan dalam perekonomian modern? Pada halaman 7 dijelaskan bahwa tugas utamanya adalah memindahkan dana dari penabung kepada peminjam yang membutuhkan dana, di mana dana tersebut akan dipergunakan untuk membeli barang-barang dan jasa-jasa serta melakukan investasi dalam bentuk peralatan baru sehingga perekonomian dapat tumbuh dan pada akhirnya akan meningkatkan standar kehidupan.

Jadi, sistem keuangan itu sangat penting. Tanpa suatu sistem keuangan, kekuatan dan kemampuan sektor usaha maupun rumah tangga untuk memenuhi kebutuhannya maupun dalam berinvestasi akan berkurang. Sementara itu, pemilik dana yang berlebih tidak akan dapat mengoptimalkan pendapatan dari dana mereka yang berlebih tersebut dan akan membuat semakin banyaknya idle money atau uang yang tidak dipergunakan (uang menganggur).

Hm...baiklah, semoga apa yang saya tuliskan ini bermanfaat untuk kita semua. ;)


Surabaya, 27 Maret 2015


1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus

Silahkan jika mau komentar :)