-Yang paling penting
dalam asuransi adalah substansinya dan implementasinya. Baik yang konvensional
maupun yang syariah. Karena ada yang konvensional substansinya syariah, tapi
yang syariah substansinya tidak syariah.
-Ada sebuah hotel
yang awalnya konvensional berubah menjadi hotel syariah. Ternyata justru
semakin maju. Ketika ada pasangan yang mau menginap, maka ada persyaratan
admistratif yang ketat. Yaitu, apakah mereka menikah atau tidak.
-Dalam BSM para
pegawainya memang dipilih orang-orang yang paham dengan ekonomi syariah. Tapi
kalau di bank lainnya seperti BNI Syariah, dll tidak demikian. Jadi bisa jadi
ini misinya hanya memperoleh keuntungan, bukan karena misi syariah.
- Dalam lembaga asuransi
syariah, tidak hanya dimunculkan akad tabarru’, tapi juga diadakan akad
mudharabah agar peserta juga bisa
mendapat keuntungan. Selain itu, agar bisa bersaing dengan lembaga asuransi
yang lain.
- Analisis Kredit
Pembiayaan; 5 C, yaitu Character, Capital, Capacity, Colateral (jaminan), dan
Condition of Economy.
@Mata Kuliah: Manajemen Pemasaran Syariah
- Marketing tidak hanya
bermakna penjualan
- Pemasaran =
proses sosial dan manajerial dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa
yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan
produk dan nilai dengan pihak lain.
- - Marketing
adalah sebuah proses panjang, dan tidak hanya dibebankan kepada satu orang atau
satu departemen.
- - Marketing
bertujuan untuk membentuk persepsi positif.
-
Kebutuhan
maslow:
1. Fisiologis (physiological needs)
2. Rasa Aman (safety needs)
3. Rasa cinta (love/belonging)
4. Harga diri (esteem)
5. Aktualisasi diri (self-actualization)
- - Dalam product,
ada 2 macam:
1.
Core product
2.
Supplementer
product






0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan jika mau komentar :)